ESENSI DAN URGENSI IDENTITAS NASIONAL SEBAGAI SALAH SATU DETERMINAN PEMBANGUNAN BANGSA DAN KARAKTER

1. Ada berapa budaya Indonesia yang diklaim Malaysia? Adakah contoh lainnya? Sebutkan, apakah klaim tersebut dimungkinkan terjadi lagi di kemudian hari?
2. Bolehkah sebuah negara mengklaim kebudayaan bangsa lain karena budaya tersebut memang telah dijalankan oleh warga negaranya?
3. Bolehkah bangsa Indonesia mengklaim budaya bangsa lain sebagai bagian dari kebudayaan nasional karena budaya tersebut memang telah disenangi dan dipraktikkan oleh orang Indonesia? Misalnya, budaya makan sambil berdiri (standing party).                                  
4. Apa yang perlu dilakukan agar kebudayaan Indonesia sebagai identitas nasional tidak diklaim oleh negara lain?Apakah setiap orang Indonesia dapat mengajukan kebudayaan daerahnya sebagai kebudayaan nasional/identitas nasional? Jika dapat, adakah syaratnya?    
5. Kebudayaan daerah sebagai kearifan lokal, dapatkah luntur? Mengapa demikian? Jika ya, akankah identitas bangsa itu hilang?

jawabannya

1. A.Batik 
Kepemilikan batik sebagai warisan budaya tak berbenda menggelinding setelah Malaysia mengklaim sebagai warisan nenek moyangnya. Untuk mengakhiri polemik, Pemerintah Indonesia akhirnya mendaftarkan batik ke UNESCO untuk mendapatkan pengakuan. 3 S
eptember 2008 sebagai titik awal proses Nominasi Batik Indonesia ke UNESCO. Namun baru diterima secara resmi oleh UNESCO pada 9 Januari 2009. UNESCO kemudian melakukan pengujian tertutup di Parsi 11-14 Mei 2009. Hasilnya, 2 Oktober 2009, UNESCO mengukuhkan batik sebagai warisan budaya Indonesia. Malaysia tak berhak lagi mengkalaimnya. 

B. Lagu Rasa Sayange
Pemerintah Malaysia sendiri yang mengakhirinya. 11 November 2007,  Menteri Kebudayaan, Kesenian, dan Warisan Budaya Malaysia, Rais Yatim mengakui bahwa Rasa Sayange adalah milik Indonesia. 

C. Reog Ponorogo
Malaysia yang suka mengklaim budaya Indonesia berlanjut. Namun masalah ini tidak berlanjut ke UNESCO karena Pemerintah Diraja Malaysia melakukan klarifikasi. Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Datuk Zainal Abidin Muhammad Zain membantah bahwa Pemerintah Malaysia tidak pernah mengklaim Reog Ponorogo. Reog Ponorogo sendiri kata dia bukan sebagai budaya asli negaranya. 

D. Wayang Kulit 
Malaysia pernah mengklaim wayang kulit sebagai budayanya. Pertunjukan wayang kulit telah diakui oleh UNESCO pada tanggal 27 November 2003, sebagai karya kebudayaan yang mengagumkan dalam bidang cerita narasi.

E. Kuda Lumping 
Tarian ini berasal dari Jawa. Namun, orang-orang Jawa mewariskannya kepada anak-anaknya yang sudah menetap di Malaysia sehingga diklaim sebagai budaya warisan negeri Jiran. 

F. Rendang Padang
Klaim Rendang Padang tak berlangsung lama karena dalam catatan sejarah masakan yang paling enak di dunia itu bukanlah produk asli Malaysia. Masakan Rendang berasal dari Sumatera Barat. 

G. Keris 
Keris merupakan salah satu senjata para raja Majapahit. Wilayah yang paling banyak memakai keris adalah Jawa, Madura, Nusa Tenggara, Sumatera, Pesisir Kalimantan dan Sulawesi. Malaysia tak bisa mengklaimnya karena sejarah membuktikan bahwa budaya Indonesia. 

Bukti keris merupakan budaya Indonesia terdapat di Candi Borobudur. Dalam satu panel relief Candi Borobudur (abad ke-9) yang memperlihatkan seseorang memegang benda serupa keris.

H. Angklung
Angklung adalah budaya khas dari masyarakat Sunda, Jawa Barat, Indonesia. Warisan leluhur ini juga pernah diklaim oleh Malaysia. Polemik klaim Malaysia berakhir setelah alat musik ini terdaftar sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia di UNESCO sejak November 2010.

I. Tari Pendet dan Tari Piring
Kedua jeni tari ini juga pernah diklaim Malaysia. Tari piring adalah salah satu seni tari tradisional di Minangkabau yang berasal dari Kota Solok, Provinsi Sumatera Barat.
Sementara Tari Pendet dari Bali. Namun yang paling menonjol klaim Malaysia pada Tari Pendet. Sebab tari ini dijadikan sebagai iklan promosi kunjungan ke Malasyia “Visit Malaysia Years”.

J. Gamelan Jawa 
Gamelan Jawa merupakan alat musik khas Jawa yang terdiri dari berbagai macam alat musik. Selain bonang, gong, ada pula rebab dan alat musik lainnya yang biasanya mengiringi wayang.

Pengklaiman budaya Indonesia oleh Malaysia akan terus menerus ada apabila rakyat Indonesia tidak melestarikan, serta mencintai kebudayaannya. Oleh karena itu kita harus mengajari dan mempelajari salah satu budaya tersebut secara generasi ke generasi selanjutnya, sebagai salah satu cara supaya mepertahankan budaya kita tidak diklaim oleh negara lain terutama.

 2. Tidak, karena setiap negara memiliki adat dan budaya yang berbeda. Walaupun memiliki kesamaan, tapi pasti ada sedikit perbedaan dan sebagai bentuk penghormatan dan toleransi antara bangsa lain maka hindari mengklaim budaya bangsa lain agar terciptanya solidaritas antara bangsa.

 3. Tidak boleh , Karena setiap budaya memiliki hak ciptanya sendiri . Walaupun sudah menjadi bagian dari keseharian orang indonesia, tetap saja sebuah budaya memiliki asal nya

 4. a. Mau mempelajari budaya tersebut ,baik hanya sekedar mengenal atau juga dengan ikut mempraktikannya dalam kehidupan kita 

b. Ikut berpartisipasi apabila ada kegiatan dalam rangka pelestarian kebudyaan,   

c. Mengajarkan kebudayaan itu pada generasi muda sehingga kebudayaan itu tidak akan musnah dan dapat tetap bertahan .

d. Menghilangkan perasaan gengsi ataupun malu dengan kebudayaan yang kita miliki.

e. Mencitai budaya sendiri tanpa merendahkan dan melecehkan budaya orang lain.

f. Mempraktikan penggunaan budaya itu dalam kehidupan sehari-hari, misalnya budaya berbahasa.

g. Menghindari sikap primordialisme dan etnosentrisme.

f. Melestarikan budaya

Melestarikan budaya dengan mempertahankan ketentalan budaya pada derah masing-masing agar bangsa lain tidak mudah menjustifikasi dan mengklaim kebudayaan Indonesia.

g. Memperkenalkan dan mempertahankan kebudayaan di negara lain

Mempertahankan kebudayaan yang melekat di bangsa Indonesia ketika di negara lain maka cerminan sebagai bangsa Indonesia begitu melekat sehingga negara lain tidak mudah mengklaim kebudayaan Indonesia karena negara lain telah mengetahui identitas kebudayaan Indonesia.

Kebudayaan daerah menjadi kebudayaan nasional harus memenuhi syarat-syarat berikut ini:

-pantas dan tepat diangkat sebagai budaya nasional

-harus memiliki unsur-unsur kebudayaan yang mendapat pengakuan dari bangsa lain,sehingga menjadi milik bangsa kita

-menunjukkan ciri atau identitas bangsa

-berkualitas tinggi dan dapat di terima oleh seluruh bangsa Indonesia

 

5. Ya, kebudayaan daerah dapat luntur karena di pengaruh beberapa aspek : contohnya saja pengaruh modernisasi yang mengambil alih perhatian masyarakat agar melestarikan kebudayaan daerahnya, jika dibiarkan terus menerus, maka akan mengikis kebudayaan daerah sebagai kearifan lokal dan diambil alih oleh kebudayaan barat dengan kata lain kebudayaan daerah sebagai satu kesatuan Identitas bangsa perlahan menghilang.

Koment

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pancasila sebagai Ideologi Negara

Relasi Ilmu Pengetahuan dan Tekonologi dengan nilai-nilai Budaya dan Agama